Kamis, 03 Maret 2011

arti tentang blog

Blog merupakan singkatan dari kata "Web Log" yang berarti inputan atau masukan informasi berbasis web. Dengan Blog kita dapat menuangkan segala ide-ide, pendapat,analisis, bahkan kritikan terhadap sesuatu, sehingga dapat dibaca oleh semua orang, yang pada gilirannya, mungkin akan memberikan pendapat atau ide yang jauh lebih baik.

Meskipun hal ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan media cetak seperti koran,atau bahkan media elektronik seperti televisi, namun Blog memiliki kelebihan tersendiri yaitu jangkauannya yang jauh lebih luas hingga mencapai seluruh dunia, dan kemudahannya untuk diakses pada rentang waktu yang hampir tidak ada batasnya.

Dan satu lagi kelebihan blog adalah kecepatan penyampaian datanya yang bagaikan kilat, atau bahkan melebihi kilat. Bayangkan, begitu anda selasai mengetik lalu mengklik perintah save atau submit atau sejenisnya, orang lain dibelahan dunia lain (misalnya Amerika), lansung dapat membacanya.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Sangat mudah dan tanpa biaya lagi. Yang penting, anda harus punya eMail dulu (myemai@yahoo.com), lalu arahkan internet brawser anda (misalnya; internet explorer atau mozila fire fox) ke website yang menyediakan layanan weblog gratis (seperti blogger.com), lalu ikuti petunjuk/perintah-perintah yang muncul di layar dengan teliti. Mudah bukan?

Anda tidak percaya? Buktikan sendiri dengan meng-klik http://www.blogger.com untuk memulai membuat blog pribadi Anda, Ok?

Blog, secara bahasa merupakan singkatan dari Weblog. Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”. Asal-usul dari istilah “Logging The Web” adalah memasuki web dan menuliskan ‘kesimpulan link-link mana yang menarik‘ dan memberikan pendapat tentang link tersebut di jurnal online mereka. Lebih lengkap, silahkan baca sejarah asal usul blog.Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.Dalam terminologi sederhana, sebuah blog adalah sebuah situs web, di mana Anda menuliskan hal-hal yang berbasis peristiwa yang sedang berlangsung. Hal yang baru tampil di paling atas, sehingga pengunjung Anda dapat membaca apa yang baru. Kemudian mereka dapat mengomentarinya atau menambahkan link atau mengemail Anda. Atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar